Sabtu, 16 April 2011

Soal PAP


ADMINISTRASI PERKANTORAN
1.      Perlengkapan kantor yang bentuknya lembaran adalah….

a.      fomulir
b.      stapler
c.       perforator
d.      letter opener
e.      hectmachine


2.      Nama peralatan perkantoran untuk pelubang kertas adalah

a.      fomulir
b.      stapler
c.       perforator
d.      letter opener
e.      hectmachine


3.      Perlengkapan yang berupa buku yang diperlukan di kantor adalah…

a.      buku blocknote
b.      buku utang
c.       buku telepon
d.      buku diary
e.      faksimile


4.      Berikut ini yang termasuk mesin komunikasi kantor adalah …


a.      laptop
b.      perforator
c.       facsimile
d.      ordner
e.      filing cabinet


5.      Berikut ini yang termasuk tujuan adanya lay out kantor adalah ….

a.      menghemat penggunaan penerangan
b.      membangkitkan energy
c.       menghambat arus komunikasi
 d.      memudahkan gerak karyawan dalam bekerja
e.      menyatukan barang yang tidak rusak dengan yang rusak.


6.      Salah satu keuntungan dari ruang kantor tertutup adalah …

a.      mudah merubah tata letak
b.      pekerjaan yang sifatnya rahasia dapat terjaga
c.       menghemat penggunaan ruangan
d.      mudah dalam pengawasan
e.      mudah dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dengan karyawan.


7.      Penggunaan cahaya yang berasal dari penggunaan lampu-lampu yang berada di langit-langit ruang kantor, disebut pencahayaan ….


a.      ambient lighting
b.      accent lighting
c.       task lighting
d.      natural lighting
e.      direct lighting


8.      Pemberian warna hijau pada dinding kantor bertujuan...
a.      Meningkatkan aliran darah dalam tbuh
b.      Membangkitkan energi
c.       Menyeimbangkan emosi sehingga lebih stabil
d.      Memberi kesan anak muda
e.      Memacarkan kekuatan
9.      Beberapa akibat yang ditimbulkan karena adanya kebisingan atau kegaduhan di kantor adalah ...


a.      produktivitas kerja meningkat
b.      karyawan yang bersemangat
c.       semangat kerja bertambah
d.      terjadi banyak kesalahan kerja
e.      kerjasama yang kuat


10.  Berikut ini yang yang termasuk sebagai kegiatan dalam rangka memelihara dan merawat peralatan kantor adalah ….


a.      laci dan lemari dibuka
b.      menyediakan alat pemadam kebakaran
c.       buka jendela sebelum pulang kantor
d.      menghidupkan ac sepanjang hari
e.      menyatukan barang yang tidak rusak dengan yang rusak


11.  Fungsi adanya laporan sarana dan prasarana adalah ...


a.      sebagai pengendali persediaan
b.      bukti pembelian barang
c.       kartu barang
d.      bukti penerimaan barang
e.      bukti pengeluaran barang


12.  Buku yang digunakan untuk mencata semua barang yang habis pakai adalah...


a.      buku golongan barang inventaris
b.      bukuk catatan non inventaris
c.       buku induk inventaris
d.      buku induk
e.      buku inventaris


13.  Suatu kegiatan yang bertujuan untuk melaporkan keadaan sarana dan prasana kantor baik persediaan, mutasi maupun keadaan fisik dari sarana dan prasarana tersebut dalam periode waktu tertentu, disebut ….


a.      buku inventaris
b.      buku catatan barang noninventaris
c.       buku golongan barang inventaris
d.      buku induk
e.      buku laporan sarana dan prasarana


14.  Warna yang dihasilkan dari capuran warna primer dan sekunder, misalnya warna merah dengan jingga, biru dengan ungu , disebut warna….


a.      warna primer
b.      warna utama
c.       warna sekunder
d.      warna natural
e.      warna tersier


15.  Pencahayaan yang digunakan hnya di daerah tertentu saja, misalnya di lorong sebuah kantor atau area lain yang memerlukan cahaya sehingga karyawan tidak tersesat, disebut ….


a.      task lighting
b.      natural lighting
c.       ambient lighting
d.      accent lighting
e.      lighting


16.  Sekitar 90 – 100% cahaya pertama diarahkan ke atas, lalu menyebar dan memantul ke bawah, ke area kerja. Penerangan ini sangat dianjurkan untuk digunakan di kantor-kantor, karena cahaya yang menyebar mengurangi silau atau bayangan, hal ini merupakan system penerangan ….


a.      direct
b.      semi indirect
c.       indirect
d.      semi indirect
e.      lighting


17.  Ruangan kantor di mana ruangan dipisahkan oleh tembok-tembok atau penyekat yang terbuat dari kayu, disebut ruang kantor...


a.      tertutup
b.      terpendek
c.       terbuka
d.      terpisah
e.      gabungan


18.  Tata ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerjanya yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya. Hal ini merupakan pengertian tata ruang menurut ….


a.      The Liang Gie
b.      Litle & Peterson
c.       George R. Terry
d.      William
e.      David Smith


19.  Benda – benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana yang menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan, disebut….


a.      perabot kantor
b.      interior kantor
c.       pesawat kantor
d.      mesin kantor
e.      perlengkapan kantor


20.  Pengaturan ruangan kantor serta penyusun alat - alat dan perabotan kantor sesuai denga luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan karyawan dalam bekerja. Hal ini merupakan pengertian …


a.      pemeliharaan kantor
b.      perawatan kantor
c.       pesawat kantor
d.      interior kantor
e.      tata ruang kantor


21.  Segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). Hal ini merupakan pengertian dari ...


a.      sarana
b.      prasarana
c.       peralatan kantor
d.      perlengkapan kantor
e.      perabot kantor


22.  Perencanaan barang tak habis pakai dapat dilakukan sebagai berikut kecuali….
a.      Menyusun dan menganalisa perlengkapan sesuai dengan rencana kegiatan serta memperhatikan perlengkapan yang masih ada dan masih dapat dipakai.
b.      Memperkiraan biaya perlengkapan dengan memperhatikan standar yang telah ditentukan
c.       Menetapkan skala prioritas menurut dana yang tersedia dan urgensi kebutuhan
d.      Menyusun rencana pengadaan tahunan.
e.      Menyusun rencana pengadaan barang menjadi rencana triwulan, yang kemudian menjadi rencana tahunan.
23.  Yang merupakan langkah dalam perencanaan bangunan adalah ….
a.      Menyusun rencana pengadaan tanah yang lokasi dan luas disesuaikan dengan kebutuhan
b.      Mengadakan survey terhadap adanya sarana jalan, listrik, telepon, air dan alat angkut
c.       Mengadakan survey harga tanah
d.      Mengadakan perhitungan luas bangunan yang disesuaikan dengan hasil survey
e.      Mengajukan rencana anggaran kepada satuan organisasi dari daerah dan pusat.
24.  Cara penyimpanan barang/ bahan kantor antara lain, kecuali….
a.      barang disimpan berdasarkan tenaga yang diperlukan.
b.      barang disimpan berdasarkan klasifikasi (jenis, berat, merek dan satuan barang)
c.       barang disimpan dalam keadaan bersih
d.      barang disimpan dalam ruangan yang cukup berventilasi
e.      barang disimpan dalam ruangan yang memadai
25.  Benda – benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan. Merupakan pengertian dari ...


a.      Office furniture
b.      Office machine
c.       Office arrangement
d.      Office lay out
e.      Office equiment



Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar, singkat dan jelas !
  1. 1.      Sebut dan jelaskan tentang asas-asas ruang kantor!
  2. 2.      Sebutkan 5 arti warna dan efek psikologis yang ditimbulkan!
  3. 3.      Sebutkan 5 cara untuk mengatasi atau mengurangi agar kebisingan !
  4. 4.      Gambar bagan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengadaan barang dan bahan kantor!
  5. 5.      Sebutkan 5 tujuan penyimpanan sarana prasarana!

    1 komentar:

    Unknown mengatakan...

    maksud PAP ini berguna untuk ujian apa ya min? Website Gratis

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.